Rabu (24/11/2021) Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro menerima kunjungan dari Tim Verifikator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB) dalam rangka Pembangunan Zona Intergritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi ( WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang telah memasuki tahap verifikasi lapangan. Verifikasi Lapangan  dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam tentang Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro yang merupakan salah satu OPD yang mencanangkan Pembangunan Zona Integritas.


Dalam kegiatan ini, Tim melakukan berbagai evaluasi. Dari evaluasi administrasi, evaluasi kecukupan bukti dukung, evaluasi survey (kepuasan masyarakat dan survey persepsi anti korupsi) beserta desk, dan lapangan (field). Verifikasi dilakukan di dua tempat. Yakni Dinas Perhubungan Jalan Pattimura Nomor 36 dan UPT Pengujian Kendaraan Bermotor di Kecamatan Kapas. Dalam Verifikasi tersebut juga dihadiri oleh tim Inspektur pembantu Reformasi Birokrasi dan Pencegahan Tipikor Inspektorat Kabupaten Bojonegoro.


Ada 4 OPD yang mencanangkan pembangunan ZI WBK WBBM dan telah dilakukan desk melalui Virtual Meeting yaitu Dinas perhubungan (Dishub), Badan kepegawaian, pendidikan, dan pelatihan (BKPP), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dan RSUD dr. R Sosodoro Djatikoesoemo. Dalam desk tersebut Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro dinyatakan lulus sehingga dilakukan evaluasi lapangan secara langsung.


Tim menyampaikan bahwa untuk menyandang ZI WBK/WBBM, ditentukan oleh seluruh tim panel. tugas tim kali ini menggali informasi sebanyak dan sedetail mungkin untuk dipresentasikan di depan panel nantinya. Adapun beberapa saran yang disampaikan Tim Kemenpan RB saat verifikasi lapangan diantaranya, kejelasan prosedur dan persyaratan untuk diletakkan pada spot yang diperlukan untuk pengguna layanan. Lalu terkait peningkatan kinerja. Dinas Perhubungan  perlu melakukan inovasi yang berbeda dari Dinas Perhubungan lain terutama terkait keselamatan pengguna transportasi.


By Admin
Dibuat tanggal 29-11-2021
320 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
29 %
Puas
0 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
71 %