Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Dinas Perhubungan Bojonegoro © 2014
10 DERMAGA PENYEBERANGAN SUNGAI BENGAWAN SOLO AKAN DIBANGUN TAHUN INI

Sebagai salah satu Kabupaten yang dilalui oleh sungai terpanjang di pulau jawa, Kabupaten Bojonegoro memiliki banyak wilayah yang warganya menggunakan transportasi air untuk kebutuhan sehari-hari,  Seperti transportasi perahu untuk penyeberangan dari satu tempat ke tempat  yang lain atau yang biasa disebut Tambangan Perahu.

Di Bojonegoro sendiri tercatat ada 69 tambangan yang tersebar di Kabupaten Bojonegoro. Sebagaian besar tambangan sudah memiliki beberapa fasilitas seperti rambu,papan petunjuk,dermaga/plengsengan maupun penerangan jalan. Beberapa fasilitas tersebut berasal dari APBD dan ada pula bantuan dari Dishub Provinsi Jawa Timur. Selain fasilitas pembinaan operator perahu pun terus dilakukan oleh Dishub Bojonegoro.

Untuk memberikan jaminan keamanan dan keselamatan pengguna jasa angkutan air maupun operator perahu penyeberangan, Dishub Bojonegoro terus meningkatkan pembangunan berbagai fasilitas di penyeberangan perahu di Kabupaten Bojonegoro. Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu pembangunan dermaga/plengsengan penyeberangan, dan beberapa fasilitas lainnya.

Kasi Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Dishub Bojonegoro Sugeng Agung S , mengatakan tahun 2020 ini akan dibangun sebanyak 10 dermaga/plengsengan penyeberangan, Selain dermaga juga akan dibangun 16 shelter, pemasangan 15 unit papan petunjuk arah, 18 unit rambu sungai dan pemasangan 12 unit lampu solarcell dengan anggaran sekitar 1,5 miliar rupiah.

‘’Pada tahun 2019 telah dibangun sebanyak 13 dermaga/plengsengan, jumlah total plengsengan yang sudah dibangun mulai dari tahun 2014-2019 ada 23 titik. Rambu, dan papan petunjuk telah dipasang di sebagian besar tambangan di Bojongoro selain itu Dishub juga telah membagikan life jacket dan life buoy bantuan dari Dishub Provinsi Jawa Timur kepada operator-operator perahu’’ tambah beliau.

Diharapkan dengan dibangunnya dermaga/plengsengan dan fasilitas lain ini dapat membantu masyarakat yang menggunakan jasa penyeberangan sungai bengawan solo dan dapat menciptakan keamanan,kenyamanan dan keselamatan penumpang maupun operator perahu. (ss).